Minggu, 31 Mei 2015

Bubur Sayur, Mengapa disebut bubur pedas?


Mengapa disebut bubur pedas disebut Bubur Pedas?
Bubur Pedas
Bubur pedas adalah bubur yang terbuat dari berbagai macam sayur yang diiris halus-halus serta diberi bumbu dari beras yang sudah dihaluskan serta diberi santan kelapa. Bubur pedas ini adalah makanan khas Melayu Sambas. Untuk membuat bubur pedas ini dibutuhkan ketelitian dalam memotong sayur-mayurnya agar tidak terkena jari saat memotong sayur tersebut. Karena sayur-sayur itu dipotong kecil-kecil. Agar rasa bubur pedas enak, maka bubur pedas itu dapat ditambah dengan kacang tanah, daging, ikan teri, dan lain-lainnya. Untuk tambahan daun sebagai penyedap aroma gunakan daun kassum dan daun kunyit secukupnya, agar aroma dan rasanya rasanya enak.

Biasanya bahan atau sayur untuk membuat bubur pedas adalah kangkung (merah/putih), midding (pakis), kacang panjang, oyom (lappang), lengkuas yang masih muda, ketela rambat (kemillek), dan ubi kayu (manggam), daun kassum (daun kesum), dan daun kunyit secukupnya. Sebagai tambahan hanya secukupnya misalnya wortel, daging atau tetelan, jagung, kacang tanah, ikan teri,  dan lain-lainnya. Sedangkan untuk mumbu digunakan beras kira-kira ½ atau 1 kg yang sudah disagang dan dihaluskan (ditumbuk manual), agar lebih enak. Campuran mumbu bubur pedas yang terbuat dari beras adalah 2 buah kelapa yang sudah diparut terlebih dahulu. Kelapa parut dan beras tadi disagang bersama-sama di atas wajan (kuali) hingga menguning. Setelah menguning berarti sudah matang dan siap untuk ditumbuk halus. Untuk memasak bubur pedas di tambah air santan dua buah kelapa agar semakin enak rasanya.

Sedangkan pelengkap yang lain dari bubur pedas ini adalah bawang merah, bawang putih, buah cabai, lada hitam/putih, garam, mecin, atau masako (sapi-ayam), secukupnya. Sebagai pelengkap lainnya adalah kacang tanah goreng dan ikan teri goreng, boleh juga dimasukkan langsung, boleh juga kedua-duanya sekali (ada yang digoreng ada yang dimasukkan ke dalam bubur pedas yang dimasak).

Setelah mengetahui bahan-bahan dari bubur pedas, mengapa disebut bubur pedas, tapi tidak pedas? Dan apa yang menyebabkan bubur pedas menjadi pedas? Jawabannya akan di jelaskan secara lengkap disini, (klik disink)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...