Rabu, 20 Mei 2015

Menanam Padi Dalam Pot Bukanlah Terobosan Pertama & Terbaru dari Singkawang


kemarin saya membaca Koran dari Pontianak post yang mengatakan bahwa menanam padi dalam pot ini merupakan terobosan dari petani di singkawang, saat itu saya langsung searching di  mbah google untuk mencari tahu akan kebenaran tersebut biarpun saya udah baca di Koran, dan hasilnya sangat mengejutkan saya juga, karena dari keyword yang saya tuliskan “menanam padi dalam pot” telah ada di beberapa website dan bahkan dari beberapa website tersebut mengatakan bahwa fenomena padi dalam pot itu sudah lama dilakukan, dan berhasil juga. Wah… saya rada kaget juga karena Koran yang saya baca merupakan Koran yang paling ternama di Kalimantan barat.  Saya liat lagi tanggal terbitnya… bener koq terbitnya hari ini, Minggu, 19 Mei 2013…. Haaa berarti penulis/jurnalis Koran itu yang nggak update atau pun narasumber dari Koran itu yang sangat KUDET BGT (kurang update banget)

 ini foto koran pontianak post yang saya foto pada hari minggu 19 mei 2013.

kemudian besoknya lagi tepatnya hari senin 20 Mei 2013 saya cek lagi di mbah google dengan keyword yang sama “menanam padi dalam pot”. Eeeeh rupa-rupanya muncul tuh artikel di website nya equator yang mana salah satu narasumbernya mengatakan “keberhasilan (menanam padi dalam pot) kali pertama di Kalbar, bahkan nasional”  dia itu seorang manajer di Bank Indonesia Cab. Kalimantan barat namanya Pak Djoko Juniwarto si kudet…. Hahahahaaaa sory pak saya nggak tau  title bapak makanya saya kasih kudet aja… cocok kayaknya…. heheheheee
nih link nya dibawah niii… biar sobat percaya kalo artikel equator nulisnya kayak gitu….
 http://www.equator-news.com/singkawang/20130520/menanam-padi-dalam-pot

Okey deh kita lihat sama-sama, website yang memuat keberhasilan petaninya dalam hal menanam padi dalam pot jauh sebelum keberhasilan singkawang melakukan hal tersebut. Ini dari website kopkun.com  yang artikelnya terbit pada tanggal 13 Maret 2012 dan dalam tabloid nova juga menerbitkan artikel yang sama. Dalam artikelnya menjelaskan sistem tanam ini telah dilakukan pada tahun 2002 oleh Yth. Bapak Dr. Ir. Mubiar Purwasasmita di daerah jawa barat dan dinyatakan telah berhasil dari mulai menanam padi atau incamai dalam bahasa sambas sampai pada panennya atau beranyi dalam bahasa sambas.
Kalau sobat pengen tau lebih lengkapnya tentang keberhasilan menanam padi dalam pot di daerah jawa barat tahun 2002 nih sobat klik aja link nya di bawah ini
http://kopkun.com/berita/menanam-padi-dalam-pot.html
http://nostalgia.tabloidnova.com/articles.asp?id=15872

bahkan ada artikel di website Kompas.com tahun 2011 juga memuat keberhasilan menanam padi dalam  pot yang dilakukan oleh pelajar siswa SMP Negeri 209 Jakarta, dan Yth. Bapak Suhri selaku guru yang mengenalkan kepada siswanya tentang sistem penanaman ini, beliau juga mengatakan tekhnik penanaman padi dalam pot ini sudah berlangsung hampir 2 tahun yang lalu, dan beliau juga menunjukkan keberhasilannya sampai padi itu di panen.
Biar sobat percaya, klik deh link dibawah ini yang memuat artikel tersebut…
http://regional.kompas.com/read/2011/08/11/10474432/Siswa.Panen.Padi.Organik.Dalam.Pot

tuh udah baca kan… sobat percaya kan,,, kalau memang terobosan menanam padi dalam pot itu sebenarnya sudah duluan dilakukan daerah lain… dan yang di Singkawang, mengikuti / meniru dari sistem tanam tersebut. Yaaa nggak masalah kalau petani Singkawang ikut sistem tanam itu. Yang jadi masalahnya kan pernyataan dari Pontianak post dan manejer BI itu sendiri bahwa dengan santai nya ia mengatakan itu terobosan baru dari singkawang…. Itu kan salah besar.
saya nggak habis pikir, kenapa Koran yang sangat terutama di kalbar bisa salah gitu dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Dan orang manajer BI itu juga, koq confidance  banget bilang ini yang pertama di Indonesia. Padahal dia kan orang pintar sampai bisa jadi manejer di BI lagi tuuuh, harusnya berhati-hati dunk dalam berkata dan dalam memberikan informasi, dia kan  publik figur. Bener nggak sob???

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...