Masjid Bahtera

Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar, atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Qur’an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas social kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Masjid secara umumnya berbentuk kubah, bulat, dan mempunyai menara dibeberapa pojok atau sudut bangunan masjid. Selama ini kita lihat arsitek atau cirri khas dari masjid seluruh Indonesia pada umumnya sama, masjid Jami’ misalnya, masjid ini adalah masjid yang bersejarah bagi perkembangan umat Islam dimasa dahulu hingga sekarang.

Masjid Jami’ Pontianak atau dikenal juga dengan nama Masjid Sultan Syarif Abdurahman adalah masjid ertua dan terbesar di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Masjid ini merupakan satu dari dua banguna  yang menjadi peranda berdirinya Kota Pontianak pada tahun 1771 Masehi, selain Keraton Kadriyah. Pendiri masjid sekaligus pendiri Kota Pontianak adalah Syarif Abdurahman Alkadrie. Ia adalah seorang keturunan Arab, anak Al Habib Husein, seorang penyebar agama Islam dari Jawa.

Al Habib Husein dating ke Kerajaan Matan pada tahun 1733 Masehi. Al Habib Husein menikah dengan putrid Raja Matan (kini Kabupaten Ketapang) Sultan Kamaludin, bernama Nyai Tua. Dari pernikahan itu maka lahirlah Syarif Abdurahman Alkadrie, yang meneruskan jejak ayahnya menyiarkan agama Islam. Dan Masjid Jami’ pun dibangun oleh Syarif Abdurahman Alkadrie disamping membangun Keraton Kadriyah demi untuk mensiarkan agama Islam.

Masjid semakin banyak dibangun oleh masyarakat Indonesia, khusunya di Pontianak. Dengan ini beberapa ustadz merencanakan akan membuat masjid baru yaitu “Masjid Bahtera” pertama di Kalimantan Barat. Mari kita dukung Masjid Bahtera tersebut agar menjadi khazanah atau aset umat Islam yang ada di Pontianak dan masyarakat Kalimantan Barat pada umumnya. Bahtera adalah kapal kayu yang sangat besar yang dipakai oleh Nabi Nuh, As untuk menyelamatkan keluarganya dan hewan-hewan dunia dari air bah. Mungkin dengan ilham seperti itu para ustaz punya ide untuk menyelamatkan seluruh umat Islam yang ada, agar semuanya selamat ke tempat tujuan.


Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours