Minggu, 29 Mei 2016

Manusia Turnado


Angin Turnado
Turnado adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan anatar awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Tornado atau tornado muncul dalam banyak ukuran, namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya menyentuh bumi menyepit dan sering oleh awan yang membawa ouing-puing.

Pada umumnya tornado memiliki kecepatan angina 177 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 meter, dan menempuh beberapa kilometre sebelum menghilang. Beberapa tornado yang mencapai kecepatan angina lebih dari 300-480km/jam memiliki lebar lebih dari satu mil (1.6 km)dan dapat bertahan dipermukaan bumi lebih dari 100 kilometer. Meskipun tornado telah diamati di tiap benua kecuali di Antartika, tornado lebij sering terjadi di Amerika Serikat.

Angin tornado juga pernah terjadi di Kanada bagian selatan, selatan-tengah dan timur Asia, timur-tengah Amerika Latin, Afrika Selatan, barat laut dan Eropa, Italia, barat dan selatan Australia, dan Selandia Baru.

Itulah defenisi dari kata “tornado”. Apakah anda pernah mendengar yang namanya manusia tornado? Jika belum akan kami beritahukan kepada anda. Mas. Tornado. Job bukan siapa-siapa dia hanya seorang manusia biasa yang lahir disuatu desa kecil bernama Sungai Kelambu. Bapaknya memberi nama Mas. Tornado. Job itu ada alasan yang menabjubkan. Mas. Turnado. Job dilahirkan pada saat angina tornado bertupkenvang pada tahun 1990 di Sei kelambu dan sekitarnya. Seolah-olah angina tornado akan mengahncurkan dan melahap kampong sei Kelambu dengan jilatannya. Dengan kejadian itulah orang tua tornado meberinya nama agar kejadian itu tidak akan terlupakan oleh bapak serta ibunya. Kejadian itu juga akan dikenang oleh anak-anaknya khususnya Turnado.

Lalu bagaimana dengan nama “Mas”, nama Mas ini adalah nama gelar yang diberikan oleh Paduka Sultan kepada anak yang dinggap anak angkat oleh Paduka Sultan Kesultanan Sambas, misalnya anak tersebut disunat oleh Paduka Sultan, dan banyak lagi yang lainnya. Nama mas ini atau gelar “Mas” diberikan oleh Sultan pada kakeknya. Sedangkan kata Job diambial dari bahasa inggris yang bermakna “pekerjaan”. Pekerjaan dari angina tornado menghasilkan “si manusia tornado” dari Sei Kelambu.

2 komentar:

  1. ceritanya menarik sekali, kirain ada hubungannya dengan kelambu nyamuk heheheh.

    Kelambu Lipat

    BalasHapus
  2. ya, terima kasih coment nya, ya begitulah ceritanya, yang terjadi ditelevisi kan semuanya hanyalah fiksi belaka

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...