Minggu, 10 Mei 2015

Khasiat dari pohon Ketepeng untuk kesehatan kulit

Khasiat dari pohon Ketepeng untuk kesehatan kulit
Pohon Ketepeng
Aku punya teman, sebut saja namanya Simus, tubuhnya kini sudah penuh dengan pulau-pulau. Jika adiknya ada pelajaran IPS membahas tentang pulau-pulau di Indonesia, disuruhnya adiknya melihat pulau-pulau disekujur tubuhnya. Aku menyarankan kepada agar mengobati panunya, akan tetapi ia tidak mau, katanya ia sudah puas memakai obat, tetapi tidak juga sembuh. Obat yang pernah ia makan adalah CTM 4.

Aku menyarankan kepadanya untuk menggunakan obat tradisional, atau obat ala kampong yang pernah dilakukan oleh nenek moyang kita. Obat itu adalah daun gelinggang. Pohon ini (gelinggang) tumbuh subur di pekarangan rumah Bapak Kepala Sekolah. Aku sarankan kepadanya untuk meminta sedikit daun gelinggang kepada bapak Kepala Sekolah tersebut. Namun temanku masih ragu, kemudian temanku bartanya kepadaku.

“To, untuk obat apa pohon gelinggang itu?”, tanyanya.
“Daun gelinggang itu, Mus… gunanya untuk obat panu, kadas, dan kurap”, jawabku sambil menunjuk kearah tubuhnya.
“Jadi, panuku bias hilang ya, jika ku obati dengan obat itu”, katanya.
“Ya iyalah… ayo kita coba. Insya Allah panumu akan hilang selama 1 bulan jika kamu rutin menggunakannya”, jelasku.

Pohon gelinggang atau ketapang atau katapang dengan nama lain terminalia catappa adalah nama jenis pohon tepi pantai yang rindang. Pohon ini cepat tumbuh dan membentuk tajuk indah yang bertingkat-tingkat.dan sangat baik untuk obat panu, kadas, dan kurap
Cara mengobati panu dan kurap dengan menggunakan pohon gelinggang ini adalah dengan menghaluskan daunnya atau menumbuknya. Kemudian panu yang ada di tubuh, dibersihkan terlebih dahulu dengan sabut kelapa atau kapas, sampai memerah. Kemudian oleskan ramuan daun gelinggang yang sudah dilumatkan terlebih dahulu.

Sedangkan untuk mengobati kadas atau kutu air, rebuslah 10 helai daun gelinggagng ini dengan 3 gelas air dengan menggunakan panci atau ketel. Tunggu sampai air mendidih, jika air sudah mendidih maka angkatlah panci tersebut. Setelah air rebusan gelinggang itu hangat-hangat kuku, maka siramkanlah air tersebut ke tempat yang terkena kadas atau kutu air.
 
Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini dikenal dengan nama Bengal almond, Indian almond, malabar almond, singapure almond, tropical almond, dan banyak lagi yang lainnya. Itulah beberapa khasiat dari pohon atau daun gelinggang yang ada di Indonesia.
Selamat mencoba ya….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...