Khasiat satu Pohon Kecubung Sebagai Obat Tradisonal
Kecubung
Ibuku usianya 46 tahun, ia sering sakit-sakitan. Kadang-kadang ia mengeluhkan kepalanya, kadang-kadang kakinya. Mungkin ibuku sakit asam urat atau rematik, serta darah tinggi. Ibuku sudah berobat ke sana ke sini, tapi hasilnya nihil. Akhirnya ia diberitahu oleh temannya, coba kamu gunakan obat tradisional katanya. Ibuku bertanya kepada temannya, tumbuhan apa yang cocok untuk penyakitku, kata ibuku. Temannya menyarankan untuk mencari kecubung. Tapi dimana ya… susah untuk mencari pohon langka itu, kata ibuku. Gampang katanya, aku punya tanamannya. Tumbuhan itu tumbuh dengan subur disamping rumahku, katanya. Akhirnya ibuku ke rumah temannya untuk mengambil pohon itu.

Setelah sampai di rumahnya, ternyata pohon itu tumbuh dengan tinggi, kira-kira 1,5 meter. Buahnya lebat sekali, bunga-bunga juga banyak. Teman ibuku menjelaskan kepadanya tentang khasiat dari pohon kecubung. pohon kecubung memiliki banyak khasiat dari daun sampai akarnya. Beberapa khasiat dari pohon kecubung ini adalah:
  1. akarnya    :    untuk rematik dengan cara dipipis atau ditumbuk lalu ditempelkan pada yang sakit. 
  2. batangnya    :    untuk rematik dengan cara dipipis atau ditumbuk lalu ditempelkan pada yang sakit. 
  3. Anus turun: bagian batang dan daun direbus digunakan untuk mencuci anus.
  4. daunnya    :    untuk sakit asma atau sesak napas bagi anak kecil atau orang dewasa. Caranya: daun dipipis atau ditumbuk lalu dilumurkan pada dada, gunakan tiga kali sehari. Bisa juga daunnya dikeringkan dan dijadikan rokok bagi orang dewasa, tapi jangan sampai terlalu sering, nanti bisa ketagihan. 
  5. bunganya    :     untuk rematik dengan cara dipipis atau ditumbuk lalu ditempelkan pada yang sakit. 
  6. Obat bisul : daun atau bunganya ditumbuk halus, lalu ditempelkan pada bisul tersebut, insya Allah pecah.     
  7. buahnya    :    penenang

buah kecubung

Kecubung ini hidup di dataran rendah hingga dataran tinggi, ia menyukai tanah yang gembur yang kaya akan organik. Apalagi tanah yang bekas tahi sapi. Tanaman ini dapat ditanam ditempat terbuka maupun sedikit terlindung. Apalagi di samping rumah, karena di samping rumah tempatnya sejuk. Tanaman kecubung ini sering tumbuh liar sebagai semak di hutan kecil atau bekas rumah dan kebun.
Selamat mencoba…. Tapi jangan salah gunakan…
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours